Tips #2: Selalu Convert to Bitmap untuk Publish ke Mesin Cetak Digital

Pasti ada beberapa yang pernah cetak di mesin printing digital pernah menemukan kasus seperti gambar diatas, yaitu ada semacam kotak putih yang mengelilingi sebuah gambar bitmap yang memiliki transparansi (atau dalam istilah kerennya, alpha channel).

Beberapa software mesin cetak kurang begitu bagus dalam membaca transparansi ini, kalau tidak cermat di hasil cetak akan tampak area putih-putih di sekeliling gambar transparan yang tentu akan mengurangi kualitas cetak.

Solusinya yang paling tepat, sebelum naik cetak file desain ada baiknya di-convert menjadi format bitmap. Terutama kalau di desain ada elemen-elemen seperti DROP SHADOW dan GAMBAR TRANSPARAN. Bahkan gambar dalam Powerclip sekalipun (seperti kasus diatas).

Ketika dilihat di file yang dipublish ke mesin cetak, foto yang ditaruh di dalam Powerclip ini menjadi gambar transparan

Ketika dilihat di file yang dipublish ke mesin cetak, foto yang ditaruh di dalam Powerclip ini menjadi gambar transparan

Selain untuk mencegah kasus diatas, meng-convert desain ke bitmap sebelum proses cetak juga untuk mencegah adanya kesalahan seperti warna menjadi kurang sesuai, dsb.

Setting Convert to Bitmap yang lazim dipakai

Setting Convert to Bitmap yang lazim dipakai

Intinya: Usahakan untuk selalu melakukan “Convert To Bitmap” sebelum publish! Tapi jangan lupa, pisahkan file yang dipublish dengan file desain yang asli, biar gak repot nanti kalau desainnya mau diedit lagi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s